Info dari Tapak Dara

Posted: November 19, 2010 in Uncategorized

Tapak Dara yang masih keluarga kamboja di duga berasal dari Amerika Tengah dan india. Sumber lain menyebutkan tapak dara berasal dari Madagaskar. Oleh karena itu masyarakat Eropa memberinya julukan Madagascar Periwinkle.

Tanaman ini memiliki banyak spesies. Umumnya orang mengenal tapak dara hanya berbunga putih dan ungu. Dengan majunya teknologi pertanian, kini banyak di silangkan sehingga terbentuk jenis baru dengan bunga aneka warna.

Tumbuhan dengan bunga berdaun empat dan kecil ini sangat disukai dan sering dijadikan tanaman hias di perkarangan. Tidak hanya bisa dijadikan tanaman hias, tumbuhan ini ternyata memiliki banyak khasiat dan sangat bermanfaat untuk mengobati sejumlah penyakit yang salah satunya adalah diabetes. Bahkan bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat untuk leukemia atau kanker darah.

Tapak dara yang memiliki nama ilmiah Catharanthus roseus (L.) Don ini tumbuh mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Penyakit yang bisa diobati tapak dara antara lain diabetes, hipertensi, leukemia, asma/bronkhitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, bisul, borok, luka bakar, luka baru, dan bengkak.

Mulai dari akar, batang, daun hingga bunga tapak dara kesemuanya mengadung unsur-unsur zat kimiawi yang bermanfaat untuk pengobatan. Antara lain kandungan kimiawi di dalam tapak dara adalah vinkristin, vinrosidin, vinblastin dan vinleurosin merupakan  kandungan komposisi zat alkadoid dari tapak dara.

Contoh pemakaian :

1.      Diabetes mellitus /sakit gula/kencing manis

Ambil 10-16 lembar daun tapak dara, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidikh hingga tinggal 1 gelas, setelah dingin diminum sampai sembuh.

2.      Hipertensi / tekanan darah tinggi

Ambil 15-20 duan tapak dara kering dan 10 gram bunga krisan. Rebus kedua bahan dengan 2,5 gelas air sampai mendidih dan saring. Minum setiap sore hari.

3.      Leukemia

Ambil 20-25 gram daun tapak dara kering dan adas pulawaras. Rebus dengan 1 liter iar dan disaring . minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4.      Asma dan bronkhitis

Ambil ambil 1 ptotong bonggol akar tapak dara. Rebus dengan 5 gelas air. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore

5.      Demam

Ambil 12-20 gram daun tapak dara dan 3 potong batang dan akr tapak dara. Rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas. Minum pagi dan sore dan tambah gula kelapa.

6.      Radang perut dan disentri

Ambil 15-30 gram daun tapak dara kering, reus degnan 3 gelas air sampai mendidih. Minum padgi dan sore dan ditambah dengan gula kelapa.

7.      Kurang darah

Ambil 4 putik bunga tapak dara putih, rendam dengan 1 gelas air. Kemudian ditaruh di luar rumah semalam. Minum pagi hari dan teratur.

8.      Tangan gemetar

Ambil 4-7 lembar daunt tapak dara. Seduh dengan 1 gelas air panas dan disaring dimum biasa

Sumber : Warta Kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s